Jumat, Oktober 24, 2008

precious


And so it is...
Kemaren adalah hari yang cukup melelahkan buat gw. setelah setengah pagi meeting panjang untuk beberapa agenda project di kantor. pas jam makan siang, gw kudu dah on the way ke daerah pegangsaan, klapa gading sono buat datengin pabrik yg mo ngadain simulasi emergency responses. well secara dah waktu brangkat dari sini perut dah kroncongan, gw paksain diri ini and crew buat makan dulu di daerah gading batavia. abis itu barulah kita on the way to the spot sesuai rencana.

Sesampainya disono, yah nothing special happen. semua berjalan sesuai dengan rencana, semua baik-baik saja...sampai ketika tiba-tiba gw dapet telpon dari salah seorang dokter specialis yang gw kenal. dia bilang di telpon bahwa karyawan tempat gw yang lagi di rawat di hospitalnya ternyata sudah dalam genggaman kanker paru stadium 3b, dan bukan hanya sekedar penyakit tbc biasa. banyak dia bicara di telpon tentang perawatan medis dan segala macem tentang kondisi si sakit, namun yang ada di kepala gw cuman kata-katanya bahwa si sakit dah gak ada harapan lagi, dan mungkin saja tinggal menunggu waktu yang kemungkinannya tidak lama lagi.

Kata-kata menyedihkan itu yang berputar terus di kepala gw, dan juga pikiran bahwa si sakit yang sudah berkeluarga itu anaknya baru berumur 4 tahun. for a moment, gw ngerasa dunia brenti. sedikit banyak berita ini bikin gw kaget, kaget bahwa anything could happen in any time...hal yang selama ini gw juga dah tahu tapi sangat jarang gw perhatiin. akhirnya acara hari itu gw putuskan buat dipercepat and kita dah cabut dari sana 1 jam sebelum waktunya.

Kita langsung on the way ke hospital and karena ujan yang cukup deres di tol, tersendat-sendatlah perjalanan kita. dan mobil yang biasanya ramai dah kaya bawa anak-anak tk jalan-jalan, kali ini sepi senyap hanya da suara radio yang diputar. kita semua tenggelam dalam pikiran masing-masing setelah mendengar kabar yang menyesakkan itu. well, sebenernya gak tahu juga seh. semua diam karena kaget dengan berita itu atau emang karena kedinginan aja...but no one speak at that time. sampe akhirnya kita sampai juga di hospital.

And sesampainya disana, kita semua ktemu sama istrinya and si sakit tentunya. kita ngobrol ksana-ksini and akhirnya sampailah pada saatnya si sakit bertanya dengan wajah penuh pengharapan..."pak, kira-kira saya bisa bertahan brapa lama lagi..?" duh Gusti..,gw gak tahu mo ngomong apa. gw nengok ke bininya, matanya dah sembab seperti orang yang dah habis-habisan nangisnya, gw nengok ke crew, cuman pada diem and sepertinya juga nunggu gw bakal jawab apa....yah, pada akhirnya gw jawab aja, "tanya aja sendiri ma Allah, lu kata gw Nabi..? dah deh, daripada lu nanya kaya gitu mending lu nanya ma dokter, dok, biar gw tetep bisa fit and nambahin umur biar kata cuman semenit, gw kudu ngapain..?" mulut gw senyum-senyum waktu ngoceh itu but hati gw miris banget...

Smua kekawatiran dia, dia critain, tentang anaknya yang masih 4 tahun, tentang istrinya, tentang rumahnya, tentang kluarganya, tentang pekerjaan...sial ! gak pernah kebayang seumur-umur gw kerja bakal ngadepin kondisi ini. dia nangis, bininya sesenggukan, crew matanya pada berair, dan gw kudu kuat nahan diri gak ikutan nangis...?! enak aja...ya mata gw berair juga akhirnya, lu kata gw orang gak punya prasaan apa..?! damn..!!! akhirnya kita semua nyemangatin dia lagi, selalu ambil baiknya, ambil hikmahnya. dan segala kata-kata yang gw sendiri aja ngerasa this is all just busllshit, pa lagi dia si sakit pasti ngerasa banget. tapi mo gimana lagi..? mo ngomong apalagi..?

Ini semua dah diluar kuasa kita sebagai manusia...lah kata dokter yang specialisnya aja dah angkat tangan. karena kondisinya dia tuh kanker paru dah nyaplok 2/3 bagian dari paru-parunya si sakit. jadi pa lagi yang bisa dilakuin kecuali berusaha yang terbaik walopun tahu hasilnya dah gak bakal signifikan lagi sambil berharap keajaiban bahwa paru-parunya yang dilihat dari hasil ct-scan and usgnya dah rusak 2/3nya bisa sehat lagi....

Akhirnya kita pamit buat pulang, dan berusaha secepatnya berkumpul kembali dengan keluarga. hal yang mungkin selama ini terlalu kita anggap remeh karena toh tiap hari pasti kumpul, sampai pada saatnya mata kita ini dibuka bahwa sebenarnya itu tidak seremeh yang kita kira...

Salam,

2 komentar:

freak dreamer mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
freak dreamer mengatakan...

Duh.. miris juga bacanya :(
Semoga hal-hal kayak gini gak akan terjadi sama kita, ketakutan menjelang akhir hidup

Wish your co-worker could be tough to face this "gift"